Asuransi
HomeReferensiPustakaAsuransi

Tag : Pustaka

Perubahan terakhir: 18 Dec 2014

Mengapa kita perlu asuransi?

Terdapat berbagai macam risiko dalam hidup ini. dalam menghadapi risiko, kita memiliki beberapa pilihan antara lain menerima, menghindari, atau mengalihkan. Apabila kita memilih untuk menerima risiko maka segala dampak dari risiko yang kita ambil tersebut akan kita tanggung sendiri, jika kita menghindari risiko maka kita tidak melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan risiko yang ingin kita hindari, dan mengalihkan risiko berarti pihak ketiga akan menanggung risiko yang terjadi kepada kita. Asuransi adalah bentuk dari pengalihan risiko kepada perusahaan asuransi.

Asuransi dibutuhkan untuk mengahdapi risiko yang memiliki konsekuensi finansial yang signifikan untuk ditanggung sendiri. Asuransi hanya dapat memberikan penggantian dalam bentuk materil dari konsekuensi terjadinya suatu risiko.

Apa saja jenis asuransi?

Secara garis besar asuransi dapat dibagi menjadi asuransi kerugian dan asuransi jiwa. Asuransi jiwa dapat dibagi lagi menjadi asuransi jiwa tradisional dan asuransi jiwa unit linked. Perbedaan antara asuransi tradisional dan unit linked ada pada pihak penannggung risiko investasi, pada asuransi tradisional perusahaan asuransi menanggung risiko investasi sedangkan pada asuransi unit linked risiko investasi ditanggung oleh nasabah.

Produk asuransi tradisional yang umum ditemukan di Indonesia antara lain produk whole life, term life, dan endowment. Asuransi jiwa whole life memberikan perlindugan seumur hidup, sedangkan asuransi jiwa term life memberikan perlindungan pada jangka waktu tertentu saja. Produk yang bersifat endowment adalah produk yang memberikan perlindungan pada jangka waktu tertentu serta nilai tunai yang pasti pada akhir pertanggungan.